Sabtu, 08 Oktober 2011

"Saat Seorang Suami diridhoi Mengganti Istrinya"


Bapaknya para Nabi, Nabi Ibrahim as, memandang bahwa ridhanya seorang istri dengan kehidupannya bersama suaminya dan bersyukur kepadaNya merupakan syarat kelanggengan perkawinan dan ketidakpuasan istri terhadap kehidupan bersama suami serta tidak bersyukur kepadaNya, menjadi penyebab kehancuran perkawinan, karena wanita seperti itu tidak layak menjadi seorang istri.

Maka hadits ini bercerita tentang Nabi Ibrahim as, dalam kitab shahih bukhari:


Ibrahim as datang untuk menemui Ismail as, setelah dia menikah untuk memeriksa peninggalannya, beliau tidak menemui Ismail as, tetapi hanya bertemu menantunya, maka beliaupun bertanya kepada menantunyanya dan sang menantu menjawab: "Ia keluar untuk mencari penghidupan bagi kami."

Kemudian nabi Ibrahim bertanya kepada menantunya tentang kehidupan dan keadaan mereka, menantunya menjawab "kami berada dalam keadaan yang amat buruk, kami hidup dalam kesempitan dan kesusahan", kemudian dia mengeluh kepadanya.

Nabi Ibrahim berkata "Jika suamimu datang maka sampaikanlah salamku kepadanya, kemudian katakanlah kepadanya hendaknya dia mengganti ambang pintu nya."

Takala Nabi Ismail as datang dia merasakan ada sesuatu, maka dia bertanya, "Apakah ada yang mendatangimu?" Istrinya menjawab "Ya, ada orang tua yang bercirikan seperti ini mendatangi kita, dia menanyakanmu, maka aku beritahukan. Dia juga bertanya tentang kehidupan kita, maka aku beritahukan bahwa aku berada dalam kesulitan dan kesusahan"

Ismail bertanya lagi "Apakah dia berpesan sesuatu kepadamu?" Istrinya  menjawab "Ya, dia menyampaikan salam padamu  dan berkata gantilah ambang pintumu!"

Ismail as berkata, "Itu Ayahku, dia telah memerintahkanku, untuk menceraikan mu, maka kembalilah engkau pada keluargamu".  Lalu dia menceraikan istrinya dan menikahi wanita lain.

Nabi Ibrahim hidup jauh dari mereka dan sesuai dengan kehendak Allah, pada kesempatan lain beliau kembali mengunjungi Ismail dan kali inipun beliau juga tidak menjumpai anaknya. Maka dia menemui menantunya dan bertanya kepada menantunya itu, yang dijawab "Ia keluar utk mencari penghidupan untuk kami"

Beliau bertanya kembali "Bagaimana keadaan kalian?" Beliau menanyakan kehidupan dan keadaan mereka, maka menantunya menjawab, "Kami berada dalam kesenangan dan kebahagian dan kami mensyukuri ni'mat Allah" 

Nabi Ibrahim bertanya kembali, "Apa makanan kalian?", menantunya menjawab "Daging". Lalu dia bertanya kembali "Apa minuman kalian?" Ia menjawab "Air".  Beliau berkata "Ya Allah berkahilah daging dan air mereka".

Nabi Muhammad bersabda ketika itu mereka tidak mempunyai gandum, kalau ada niscaya beliau mendoakan kepada mereka.  

Nabi Ibrahim berkata, "Jika suamimu datang maka sampaikanlah salamku kepadanya dan perintahkan dia untuk mempertahankan ambang pintunya".

Maka takala Ismail as datang, dia bertanya kepada istrinya "Apakah ada yang mengunjungimu?", "Ya, seorang tua yang bagus rupanya dan dia memujinya, lalu dia menanyakanmu, maka aku beritahukan dan dia menanyakanku bagaimana kehidupan kita, maka aku beritahukan aku dalam keadaan baik"

Ismail bertanya, "Apakah dia berpesan sesuatu kepadamu?" Istrinya menjawab "Ya, dia mengirimkan salam kepadamu dan memerintahkanmu mempertahankan ambang pintumu".

Ismail as berkata, "Itu Ayahku dan engkaulah ambang pintunya, dia memerintahkan untuk mempertahankan mu"

(HR Bukhari)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

voa-islam.com Headline Animator