Senin, 12 Desember 2016

Kartu Kredit VS Kartu Debit

Ilustrasi
Rasanya sudah terlalu banyak yang membahas tentang plus minusnya memiliki kartu kredit ataupun kartu debit. Namun, tak ada salahnya jika sebagai seorang Ibu Rumahtangga yang juga otomatis menjadi bendahara keluarga, mengetahui lebih detil tentang perbedaan mendasar dari kedua jenis kartu tersebut.

Jika dilihat dari bahan pembuatannya, kedua kartu tersebut diklasifikasikan sebagai uang plastik, yaitu alat pembayaran non tunai yang dikeluarkan oleh bank tertentu. Perbedaan mendasarnya antara lain:
  1. Proses Pembuatan. Pemilik Kartu kredit tidak perlu membuka rekening di bank tempat diterbitkannya kartu kredit tersebut. Sedangkan bagi pengguna kartu debit wajib memiliki rekening di bank sebelum akhirnya ia mendapatkan sebuah kartu ATM yang dapat berfungsi sebagai kartu debit.
  2. Sistem Pembiayaan. Bagi pemilik kartu kredit, ia dapat menggunakan dana sebatas limit kartu yang dimilikinya. Namun demikian, jika ia ingin menggunakan dana lebih dari batas limit kartu kreditnya, maka ia akan dikenakan bunga serta denda. Sedangkan bagi pemilik kartu debit, ia hanya dapat menggunakan dana sebatas saldo rekening yang dimilikinya.
  3. Manfaat yang diterima. Banyak kelebihan yang dimiliki kartu kredit, salah satunya nasabah pemilik kartu kredit berhak mendapatkan berbagai diskon di merchant-merchan tertentu yang bekerja sama dengan bank tempat dikeluarkannya kartu kredit tersebut. Selain itu, ia juga berhak mendapatkan cicilan bunga 0%, cashback, hingga fasilitas kelas VIP di irport serta point rewards.
  4. Tingkat Keamanan. Sekarang bagi pemilik kartu kredit, selain harus membubuhkan tanda tangan di setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit, juga harus menyertai nomer PIN. Sedangkan bagi pengguna kartu debit, transaksi cukup dengan menggunakan nomer PIN, sehingga lebih rawan menjadi korban aksi kejahatan. Namun demikian, saat ini para penjahat keras putih (White collar) telah memiliki berbagai teknik yang lebih canggih untuk membobol sistem keamanan bank bagi pengguna dua jenis kartu ini.


Bak mata uang yang memiliki dua sisi yang sangat berbeda, demikian pula dengan azas kebermanfaat bagi pemilik kedua kartu tersebut.  Jika Anda adalah seorang yang disiplin dalam masalah pengeluaran keuangan, mengerti sistem keuangan serta konsekwensinya, maka Anda lebih baik jika menggunakan kartu kerdit. Namun jika Anda orang yang serba praktis serta tidak ada keinginan untuk berhutang, maka kartu debitlah jawabannya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

voa-islam.com Headline Animator